Sabtu, 24 Maret 2012

Pilih Menu Sesuai Golongan Darah

Untuk mengetahui apakah makanan yang Anda konsumsi sesuai dengan kebutuhan atau tidak,rupanya sangat dipengaruhi jenis golongan darah. Ya,setiap golongan darah diyakini memiliki respons berbeda terhadap apa yang Anda konsumsi.

Seperti dikutip Kompas.com, Dr. Peter D'Adamo, dokter naturopati dan ahli bidang golongan darah manusia menyatakan, setiap golongan darah menghasilkan antigen yang bereaksi terhadap setiap makanan. D'Adamo mengatakan, konsumsi makanan yang tidak menimbulkan reaksi baik terhadap golongan darah dapat menyebabkan kelelahan, retensi cairan dan masalah berat badan.

Sementara, jika Anda mengonsumsi makanan yang kompatible dengan jenis golongan darah, hal ini membantu meningkatkan energi, mencegah penyakit, dan mengurangi berat badan.

Berikut ini adalah sekilas mengenai jenis makanan yang sesuai golongan darah, sepeeri dipaparkan D'Adamo:
Golongan Darah O
Golongan darah ini merupakan jenis paling umum dan paling banyak ketimbang golongan darah lain. Sekitar 45 persen orang Amerika diketahui memiliki golongan darah ini. Berdasarkan jenis makanan, orang dengan jenis golongan darah O cocok mengonsumsi daging kaya protein tinggi. Individu dengan golongan darah O memiliki lebih banyak asam lambung ketimbang golongan darah lain, yang membuat mereka cocok mencerna daging.

Golongan Darah A
Menurut D'Adamo, orang dengan tipe darah A paling cocok mengonsumsi sayuran alias vegetarian, karena mereka tidak memiliki cukup asam lambung untuk mencerna daging. Diet protein nabati seperti kacang,legumes,kedelai dan karbohidrat kompleks adalah makanan yang cocok untuk Anda yang memiliki jenis golongan darah ini.

Golongan Darah B
Jagung, gandum, lentil, tomat, kacang tanah dan biji wijen merupakan makanan yang dapat mempengaruhi metabolisme dan menyebabkan kelelahan serta retensi cairan. Orang dengan golongan darah B sebaiknya juga menghindari konsumsi ayam, karena memiliki lektin pada jaringan otot dan menimbulkan reaksi kurang baik. Adamo menyarankan untuk mengonsumsi banyak sayuran dan memilih jenis daging lain seperti kambing, kelinci dan daging rusa.

Golongan Darah AB
Jenis ini adalah golongan darah paling langka. Di Amerika saja, hanya sekitar 5 persen warga memiliki golongandarah AB. Mengingat golongan darah Anda mewarisi campuran gen, makanan paling cocok adalah campuran makanan laut, gandum dan sayuran. Menurut D'Adamo, individu dengan golongan darah AB kurang memiliki kadar asam lambung yang cukup untuk mencerna daging, tapi mereka dapat mengonsumsi ikan. D'Adamo mengatakan sayuran hijau, ikan laut dan susu rendah lemak merupakan makanan yang tepat.

Sumber: Warta Jateng, 24 Maret 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar